Saturday, September 22, 2018

Cerita Game Gaple Menjadi Terkenal Di Dunia

Dominohits -  Domino atau gaple telah jadi permainan popular dari mulai penduduk kelas atas sampai bawah terkadang domino juga dimainkan untuk sebatas isi waktu sekalian menanti dagangan di pasar. Alat membantu permainan ini berbentuk kartu kecil bergambar bulat-bulat merah dalam beberapa jumlahnya.

Cerita Game Gaple Menjadi Terkenal Di Dunia
Cerita Game Gaple Menjadi Terkenal Di Dunia
Menurut salah seseorang masyarakat Tanjungpandan, Belitung, Hendrik (39) permainan domino adalah satu permainan simpel akan tetapi memasyarakat. Bahkan juga disukai hampir semua kelompok termasuk juga kelompok penduduk menengah ke bawah. 

" Dapat disaksikan hampir di tiap-tiap pojok kota Tanjungpandan ini banyak orang tengah bermain domino. Bahkan juga di sini ada komune beberapa penggemar domino atau gaple, " tutur Hendrik waktu didapati bangkapos. com tengah asik bermain gaple dengan partnernya di warung Kopi Bansai, Tanjungpandan, Selasa (26/6/2012) .

Diluar itu, permainan domino mempunyai ciri-ciri sendiri tidak hanya dituntu kerja sama team untuk bekerja bersama dengan arah memenangi permainan (game) . Akan tetapi dalam permainan domino juga beberapa pemain dituntut untuk mempunyai sendiri untuk memenangi permainan domino itu,

Perihal sama diutarakan Joni (36) . Menurut dia dengan permainan domino seseorang akan rasakan perihal yang lebih asik. Bahkan juga domino/gaple bisa menghilang tingkat stres, memberi kesenangan sendiri sampai bisa memperkuat tali bersilahturahmi.

Menjadi Permainan Favorit Indoensia Dan Luar Negeri

Tidak hanya dengan kartu, permainan domino juga ada berbentuk balok digital yang terbuat berbahan pelastik melamin. Cukuplah banyak situs di internet yang menyiapkan permaianan ini. Perbedaannya, game domino di internet ini tidak mesti dimainkan dengan orang. Program computer dapat jadi lawan waktu pemakai bermain sendirian.

Sekarang ini, domino banyak dimainkan oleh penduduk akar rumput. Begitu jarang tampak beberapa elite menjalankan permainan ini. Walau sebenarnya, berdasarkan catatan histori, waktu pertama dibikin domino adalah persembahan seseorang abdi dalam untuk sang kaisar. Cuma beberapa bangsawan lah yang waktu itu dapat mainkan domino.

Histori domino yang tercatat di pagat. com, menimbulkan beberapa vs. Akan tetapi, kesemua vs itu setuju jika permainan domino lahir di Cina. Vs pertama mengatakan jika domino mulai diketahui tahun 1120 maseho. Vs ke-2 mengutarakan jika domino mulai dimainkan oleh tentara Hung Ming pada seputar tahun 181-234 masehi. Sejarawan lainnya mengemukakan vs ke-3 jika domino telah diketahui pada saat Keung T’ai Kung, seputar 1. 100 tahun sebelum masehi.

Akan tetapi pakar histori kebiasaan Cina, Chu Sz Yam lebih meyakini vs pertama. Menurutnya, permainan ini dibikin oleh seseorang pegawai negeri serta dipersembahkan untuk Kaisar Hui Tsung pada tahun 1120. Lalu oleh Hui Tsung, yaitu Kaisar Kao Tsung, permainan ini disebarkan ke semua dunia pada periode 1127 sampai 1163.

Kisah Sukses Gaple Di Negara Lain

Dari Cina, permainan ini menebar sampai Eropa. Pakar histori lainnya bernama Michael Dummet tuliskan dalam buku Game of Tarot, mengutarakan jika di Eropa, domino mulai banyak dimainkan di Naples serta Venice pada awal era ke-18. Akan tetapi dibalik itu masih tetap ada pertanyaan, apa sama pada domino yang dimainkan di Cina serta domino yang dimainkan di Eropa?

Kata domino sendiri, bukan datang dari Cina. Bisa menjadi, waktu pertama dipersembahkan pada kaisar Cina, permainan itu masih tetap memakai nama yang lainnya. Kata domino datang dari bhs latin ‘dominus’ yang bermakna tuan-rumah. Dalam bhs Skotlandia serta Inggris ada pula kata yang mengacu ke situ, yaitu ‘domini’ yang bermakna kepala sekolah.

Dari sinilah lalu domino berkembang ke mana-mana sampai saat ini dapat dimainkan oleh semua kelompok. Walau awalannya jadi permainan beberapa bangsawan, dalam perubahannya lalu domino jadi permainan punya semua susunan penduduk. Bukan sekedar kelompok dewasa, anak-anak juga ada yang dapat mainkan domino.

Bergambar dari histori itu permainan Domino juga berkembang cepat sampai ke beberapa luar negeri, termasuk juga di negara indonesia tiada kecuali di daerah Kabupaten Belitung propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bahkan juga permainan Domino seolah-olah sampai sekarang ini masih tetap selalu disukai oleh sejumlah besar penduduk Belitung.

No comments:

Post a Comment